Obyek Sosiologi

Sosiologi meneliti dan mencari apa yg menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakikat, bentuk, isi dan struktur masyarakat manusia.

This entry was posted in Sosiologi. Bookmark the permalink.

36 Responses to Obyek Sosiologi

  1. Lazarus.timo.olin says:

    1.Bapak,sekarang atau saat ini budaya bangsa kita sdh terkontaminasi dengan budaya luar yang sangat besar dimana masyarakat kita kelihatannya sudah menjadi latah.kalau kita analisa dari sudut pandang sosiologi, kemudian telah terjadi interaksi sekaligus merubah pola status kehidupan sosial yang sudah membudaya,kira-kira dampak apa yang akan dialami oleh bangsa kita yang juga turut berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kita ditahun 2020…?apakah masyarakat kita dikatakan sudah menjadi latah ? ataukah sudah waktunya masyarakat kita butuh proses perubahan sistim budaya secara sosiologi…….? saya mohon ulasan bapak… terma kasih.

  2. lestariadhi says:

    hal tersebut timbul karena sejarah dan sosiologi adalah ilmu yang yang muncul dari beberapa spekulasi para pengamat sosiologi ttg masyarakat dan interaksi sosial yang selalu berkembang dan berubah mengikuti perkembangan jaman. suatu pendapat tak cukup hanya di dasarkan pada teori tetapi juga harus berlandaskan pengamatan langsung ke masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemahaman yang hakiki tentang masyarakat.

  3. Dani sentosa says:

    penelitian sosial untuk mengetahui latar belakang terjadinya konflik sebagai acuan dalam menentukan langkah2 penyelesaian konflik

  4. Daniel Hadi 2011-12-039 says:

    Pak, saya mo nanya..
    ada gag hubungan sosiologi dengan IQ (Intellegence Quotients), EQ (Emotional Quotients), dan SQ (Spiritual Quotients) ???
    Thx..

    • darmansyah says:

      Berpengaruh karena sosiologi mengajarkan bagaimana manusia berinteraksi dan membentuk kelompok, jika kita mempelajarinya maka pengetahuan kita akan bertambah.

  5. Aryanni Ganda Wijaya says:

    Objek adalah sesuatu yang dikenakan tindakan
    Objek sosiologi adalah sesuatu yang dipelajari dalam bidang sosiologi, yaitu hubungan antar manusia.
    Mengapa manusia berhubungan satu sama lain, bagaimana terjadinya hubungan antar manusia, kapan manusia melakukan hubungan atau interaksi dengan manusia lain, apa yang dilakukan manusia untuk dapat saling berhubungan atau berinteraksi, dalam kondisi seperti apa manusia melakukan interaksi, dan siapa yang akan menjadi objek interaksi seorang manusia. itu adalah hal-hal yang dipelajari dalam objek sosiologi.
    jika ada kesalahan mohon diperbaiki.

  6. Manusia mempunyai naluri untuk memperhatikan manusia lain yang ada disekitarnya, namun lingkungan yang pertama yang menjadi perhatian adalah keluarga dan selanjutnya muncullah orang-orang yang secara khusus memikirkan masyarakat beserta kehidupannya secara mendalam dalam rangka mencari kebenaran yang hakiki.
    Karena kajian objek sosiologi adalah kehidupan masyarakat yang dinamis dan beragam terdapat perbedaan sudut pandang.
    Objek sosiologi digunakan untuk memahami latar belakang, susunan dan pola kehidupan dalam masyarakat dan dapat juga diketahui bahwa sampai dimana susunan dan stasifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi perubahan-perubahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

  7. Ella Saputri says:

    objek merupakan sesuatu yang menerima suatu tindakkan.
    dengan adanya Sosiologi dalam kehidupan sehari-hari, hidup kita dapat lebih terarah. Karena dalam interaksi kita dapat menentukan apa yang ingin kita ketahui (apa-apa yang terjadi pada si pemberi interaksi) bisa dari latar belakangnya, sifatnya, serta strukturnya dalam masyarakat, baik dalam lingkungan sekitar maupun lingkungan secara luas. ^_^

  8. Dhita Amelia says:

    Sosiologi itu adalah ilmu yang memusatkan sebuah perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat :)

  9. dewi fatma sari says:

    pada dasarnya objek sosiologi adalah masyarakat, dengan mempokuskan pada interaksi yang terjadi antar-manusia dan proses yang timbul dari hubungan yang terjadi di dalam masyarakat.
    Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak, bukan ilmu pengetahuan konkret karena yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, bukan hanya peristiwa itu sendiri.
    Sosiologi juga merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat rasional.

  10. Julidar Yani says:

    Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat yang mengkajii berbagai aspek, seperti kehidupan sosial, budaya dan agama bagaimana pengaruhnya dalam hubungan antar manusia. mempelajari sosiologi dapat diterapkan pada berbagai aspek. misalnya dalam ilmu ekonomi, kita mempelajari kehidupan masyarakat yang ada di suatu daerah, maka kita akan mengetahui barang dan jasa seperti apa yang dapat kita hasilkan. dengan belajar sosiologi kita akan dapat menemukan solusi untuk masalah – masalah sosial dalam masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  11. Wahyu Wijayanto says:

    Objek sosiologi adalah mempelajari suatu pola kehidupan sosial dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia yang terjadi di lingkungan kita. Dengan demikian hubungan manusia dengan yang lainnya itu timbul dari hubungan manusia itu di dalam masyarakat. contohnya itu umumnya terjadi pada lingkungan sekitar kita tanpa kita sadari, yaitu dengan adanya interaksi antara individu dengan individu lainnya sehingga dapat mengetahui latar belakang, susunan perilaku dan pola kehidupan dalam bermasyarakat.

  12. Angela Agustini Wibowo says:

    sosiologi merupakan pengetahuan mengenai sifat,perilaku,dan pekembangan manusia atau ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses, serta perubahannya.
    objek sosiologi yaitu masyarakat yang dilihat melalui sudut hubungan antar manusia dan prosesnya yang timbul dari hubungan antar manusia tersebut di dalam lingkungan masyarakat. :D

  13. Syarifah Zulfawati says:

    Objek sosiologi merupakan suatu hubungan yang tercipta antar seseorang dengan orang lain dalam suatu lingkungan sosial yang dapat memperluas hubungan interaksi dengan orang lain, serta dapat mengetahui latar belakang seseorang yang telah dikenal… (-:

  14. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji kehidupan sosial manusia tentang tindakan-tindakan manusia baik tindakan individu, kelompok, maupun tindakan yang lazim dan tidak lazim. Contohnya seperti kriminalitas, kemiskinan, ketidakadilan, konflik dan kekuasaan. Obyek sosiologi adalah masyarakat yaitu mempelajari hubungan-hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut di dalam masyarakat.

  15. Eko Suharyanto Pangestu (2012-12-052) says:

    Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek :

    Objek Material :

    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

    Objek Formal :

    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  16. muhammad Riyaldi says:

    dengan adanya sosiologi di dalam masyarakat,masyarakat dapat berinteraksi dengan satu sama lain sehingga dapat mencerminkan kekrabatan yg erat dan cinta damai.

  17. Reizy Andiana says:

    Objek sosiologi merupakan masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  18. suci Rachmadhanti says:

    Sosiologi itu adalahnMasyarakat sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

  19. Eka Suhardiman (2012 - 12 - 051) says:

    Objek sosiologi adalah hal -hal yang berkembang di dalam manusia baik secara individu atau masyarakat mengenai tata cara hukum dan prilaku antar manusia. Sehingga manusia tersebut dapat berinteraksi denggan baik :-)

  20. Iskandar says:

    kalau begitu, sosiologi mempelajari penyebab kesenangan dan kesusahan kehidupan juga y pak ?

  21. Putri Widyastuti says:

    Obyek sosiologi adalah manusia ,dalam obyek sosiologi manusia mempelajari tata cara kehidupan bermasyarakat dengan mentaati peraturan dan norma norma yg berlaku di lingkungan tempat kita tinggal ,dengan cara beradabtasi seperti ini kita dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat sekitar.

  22. Sosiologi jelas merupakan ilmu sosial yang objeknya masyarakat.sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri karena telah memenuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan :)

  23. satrioadiutomo201212252 says:

    pada dasarnya obejc sosiologi adalah kita sebagaimanusia yang bagian dari masyarakat, dan sosiologi mempelajari tingkah laku, pola pikir serta adat dan istiadat manusia itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>