DATABASE: Jenis-jenis Atribut dalam Database.

atribute-dataTabel-tabel dalam database relasional memiliki tiga jenis atribut. Kunci utama (primary key) adalah atribut, atau kombinasi dari beberapa atribut, yang secara unik mengidentifikasi baris tertentu dalarn sebuah tabel. Sebagai contoh, kunci utama untuk tabel persediaan dalam Gambar 4-6 adalah nomor barang (item number). Sering kali kunci utama merupakan atribut tunggal. Di dalam beberapa tabel, dua atau lebih atribut secara bersama-sama membentuk kunci utama. Sebagai contoh, kunci utama untuk barang­-barang dalam garis penjualan-persediaan di Gambar 4-6 adalah kombinasi dari nomor faktur penjualan dan nomor barang.

gbr-4-6Kunci luar (foreign key) adalah atribut yang muncul dalam suatu tabel, yang juga merupakan kunci utama dalam tabel lainnya. Kunci-kunci luar digunakan untuk menghubungkan tabel-tabel. Sebagai contoh, atribut nomor pelanggan dan nomor penjual merupakan kunci luar dalam tabel penjualan di Gambar 4-6; keduanya digunakan untuk prime-foreign-keymenghubungkan data mengenai transaksi penjualan tertentu yang mencakup informasi mengenai penjualnya dan pelanggannya yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Atribut lainnya yang bukan berupa atribut kunci (non-key attribute) di dalam setiap tabel, menyimpan informasi penting mengenai entitasnya. Sebagai contoh, dalam tabel persediaan di Gambar4-6, terdapat juga informasi mengenai deskripsi, jumlah persediaan yang ada, dan daftar harga setiap barang yang dimiliki oleh S&S.

This entry was posted in Sistem Informasi Akuntansi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>